PROPOSAL BISNIS MIE JEDAS KEKINIAN

 

PROPOSAL USAHA

MIE JEDAS

Cita Rasa Mie Jeletot Pedas Indonesia

 

 

 

 

                                                




 


 

 

A.      DATA PRIBADI

 

Nama                           : Tri Larasati

Tempat dan Tgl lahir : Bandung,08 September 1997

Jenis kelamin              : Perempuan

Alamat                         : jln Terusan Samoja Dlm

Agama                         : ISLAM

Pekerjaan                    : MAHASISWA

No.HP                          : 08880*******

Email                           : trilarasati021@gmail.com

 

B.     DATA USAHA

 

Nama Perusahaan              : Mie Jedas

 Bidang Usaha                    : KULINER

Jenis Produk                      : MIE JEDAS BERBAHAN TEPUNG

Lokasi Usaha                    : JL. TERS,SERSAN BAJURI NO 16

Slogan Usaha                    : “Cita Rasa Mie Jeletot Pedas Indonesia”

 

C.      DASAR PEMIKIRAN

 

Menciptakan peluang usaha dibidang kuliner merupakan salah satu bentuk usaha yang potensial dalam rangka pendapatan laba yang besar, salah satunya kuliner berbentuk jajanan yang bisa mendapatkan sebuah nilai potensial keuntungan di lingkungan perkotaan, pedesaan maupun lingkungan kampus.

Belakangan ini kuiner yang sifatnya simple dan inovatif serta memiliki rasa yang berbeda banyak digemari oleh kalangan pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum khususnya kuliner yang sifatnya jajanan ringan.

Dengan melihat peluang tersebut maka saya tertarik untuk mendirikan usaha dibidang kuliner yang memiliki ciri khas yang berbeda dengan kuliner yang lain. Kuliner yang akan saya tawarkan adalah sejenis mie namun bahan yang digunakan untuk membuat mie ini bukanlah sayuran akan


tetapi saya mengkombinasikan anatara tepung yang diselimuti oleh gandum dan kemudian direbus.

Usaha ini saya namakan MIE JEDAS karena sebelumnya ada makanan yang sejenis mie di jawa tengah yang dinamakan MIE ABLEH yang terbuat dari tepung juga, menemukan ide dari sana maka saya mencoba menamakannya mie jedas.

 

D.     TUJUAN

 

1.      Menciptakan lapangan kerja sendiri

2.      Memiliki penghasilan sendiri

3.      Menciptakan inovasi kuliner yang baru dan digemari banyak orang

4.      Mengurangi tingkat pengangguran dengan membuka cabang di beberapa lokasi

5.      Mengurangi beban pengeluaran keluarga

 

E.      DETAIL PRODUK (bahan baku, proses, dan kapasitas)

 

1.      Mie yang kami sajikan berbeda dengan mie yang sering dijual di Warung Kopi maupun yang ada di pinggiran jalan karena bahan baku yang kami tawarkan berbeda dengan yang biasanya yaitu tepung telur yang direbus setelah dicampurkan dengan bahan baku yang disediakan, serta disajikan dengan rasa yang unik dan menarik,mulai dari level kepedasan hingga topping yang menggiurkan.

2.      Dalam sehari produksi mie yang kami hasilkan sebanyak 50 pack dengan 5 inovasi kepedasan level 1 hingga 5 dengan topping telor,nugget,baso seafood,beef sehingga dapat diprediksi dalam satu bulan kami dapat menjual sebanyak 1500 pack mie  dengan harga bahan baku per pack sebesar Rp 2820,- dan harga jual per pack sebesar Rp 10,000,-. Belum lsgi dengan tambahan topping dikenakan biaya tambahan sebesar Rp 5000/1 topping menjadi Rp 15.000/ pack.

3.      Laba bersih yang dihasilkan adalah sebesar Rp. 15.970.000 perbulan.

4.      Tempat usaha ini direncanakan di jln terusan sersan bajuri no 16 pinggir tempat wisata dan beberapa kampus ( sangat strategis), lokasi ini saya pilih karena tempatnya sangat strategis untuk dipasarkan karena kebanyakan mahasiswa lebih memilih untuk membeli makanan-makanan ringan  dan wisatawan ketika sedang istirahat maupun sedang bersantai-santai.

 

F.      PASAR dan STRATEGI PEMASARAN

 

1.      Target pasar

Target Pasar terutama adalah Mahasiswa,wisatawan dan seluruh masyarakat yang berdomisili disekitar Jl. Ters sersan bajuri kabupaten bandung barat.

Berdasarkan survei yang saya lakukan, disekitar Jl. Ters sersan bajuri  belum ada usaha yang menjual produk yang sama.


Dalam jangka panjang saya yakin usaha ini berpotensi untuk dikembangkan dan dibuka cabang ditempat yang berbeda.

 

2.      Strategi Pemasaran

·         Slogan Mie Jedas, adalah “Cita Rasa Mie Jeletot Pedas Indonesia

·         Pembuatan Gerobak Dorong yang unik dan menarik

·         Bermitra dengan kantin-kantin sekolah dan perguruan tinggi serta tempat wisata

·         Menerima Pesanan untuk acara apapun

·         Promosi   akan    dilakukan    melalui    jaringan   social    media    (Whatsapp, Facebook, Twitter, Brosur, Instagram).

·         Komitmen pelayanan kami adalah; “Melayani Sepenuh Hati dengan makan yang bersih dan bergizi”

 

G.   ASPEK SUMBER DAYA MANUSIA

 

Untuk menjalankan usaha Mie Jedas ini saya dibantu oleh seorang   karyawan yang akan mengolah dalam proses produksi dan pemasaran.

 

H.   BIAYA PRODUKSI DAN KEBUTUHAN MODAL

 

1.    Biaya Bahan Baku untuk 50 Mie, per Hari

No

BAHAN

VOLUME

BIAYA

JUMLAH

1

Mie

50  Bungkus

1.000

50.000

2

kecap

1     pouch

4.000

4.000

3

Bumbu basah

1     Bungkus

20.000

20.000

4

Bumbu kering

1     Bungkus

20.000

20.000

5

Pedas bubuk

1     Bungkus

15.000

15.000

6

Saos Pedas

1     Botol

9.000

9.000

7

Minyak Goreng

1     Kemasan

23.000

23.000

 

Total

 

 

141.000

 

KETERANGAN:

 

Produksi dan Biaya Bahan Baku Bakwan Hungaria :

Tiap hari

50        Buah

 

 

Tiap bulan (30 hr)

1500       Buah

 

 

Biaya Bahan baku per satuan produk

 

2.820

 

Biaya Bahan baku per bulan (5000 buah)

 

4.230.000

 


 

 

2     Kebutuhan Modal

N

o

 

BAHAN

 

VOLUME

 

BIAYA

 

JUMLAH

1

Biaya investasi

 

 

 

 

 

a. Gerobak

1

Unit

2.500.000

2.500.000

 

b. Alat Penggorengan

1

Unit

100.000

100.000

 

c. Spatula

1

Unit

50.000

50.000

 

d. Peniris Gorengan

1

Unit

50.000

50.000

 

e. Piring bumbu

1

Unit

10.000

10.000

 

f. LPJ 3 KG

1

Unit

20.000

20.000

 

g. Kompor Gas

1

Unit

150.000

150.000

 

Sub total

 

 

 

2.880.000

2

Biaya Operasional Per Bulan

 

 

 

 

 

-Bahan baku 1 bulan (25 hr)

1500

Pack

2820

4.230.000

 

 

- Biaya tenaga kerja

 

1

Oran

g

 

2.000.000

 

2.000.000

 

- Biaya pemasaran dan kemasan

30

Hr

10.000

300.000

 

Sub total

 

 

 

6.530.000

 

Total Kebutuhan Modal

 

 

 

10.760.000

 

 

 

 

Proyeksi Pendapatan dan Biaya

No

ITEM

VOLUME

JUMLAH

TOTAL

1

Penjualan

 

 

 

 

Penjualan per bulan (30 hari)

1500     pack

15.000

22.500.000

2

Biaya Produksi

 

 

 

 

-Bahan Baku

1500 pack       Rp. 2820

4.230.000

 

 

- Biaya tenaga kerja

1     Orang

2.000.000

 

 

- Biaya pemasaran dan kemasan

30     Hr

300.000

 

 

Total biaya

 

6.530.000,-

 

3

Keuntungan

 

 

Rp. 15.970.000


I.        KESIMPULAN

 

Proposal bisnis ini layak untuk dibiayai karena dari sisi analisis pengembangan usaha serta peningkatan potensi usaha dapat lebih cepat untuk berkembang serta dari prospek keuangan cukup menguntungkan dan memiliki prospek pasar yang baik.

 

 

 

 

 

Bandung, 8 April 2021

 

Mengetahui,

 

     Owner     

Tri Larasati 


Comments